Halaman

Kamis, 16 Februari 2012

Hindari Makanan yang Membuat Kita Mengantuk

 Sarapan atau makan siang memang penting. Dengan makan maka Anda akan memperoleh energi untuk menunjang aktivitas Anda. Namun tahukah anda ada beberapa makanan yang justru bisa membuat mata kita mengantuk. 

Mungkin anda tidak sadar usai makan siang di kantor mata anda tak bisa menahan kantuk yang luar biasa, kalau sudah begitu konsentrasi pekerjaan akan hilang. Penyebabnya mungkin anda salah mengkonsumsi makanan, ada beberapa jenis makanan yang membuat kita mengantuk. Jadi, sebisa mungkin Anda menghindarinya, Anda mungkin mendapatkan asupan cadangan tenaga, namun dampaknya anda juga bisa mengantuk karena makanan ini. Apa saja makanan itu?




Makanan Manis
Gula memang merupakan sumber karbohidrat dan meningkatkan energi secara drastis. Efek sampingnya kadang bisa membuat kita mengantuk, lemas dan suka menguap. Contoh makanan manis yang bisa bikin ngantuk adalah Bubur kacang hijau, roti dengan taburan gula, kolak, hingga kue manis lainnya mengandung banyak gula.

Makanan Berlemak
Makanan berlemak sulit dicerna oleh tubuh, prosesnya membutuhkan waktu hingga 6-8 jam. Nah saat proses pencernaan itulah kadang membuat tubuh kita mengantuk.

Makanan Rendah Zat Besi
Makanan yang rendah zat besi contohnya adalah kerupuk. Jika kita makan kerupuk dan jenis makanan ini maka tubuh kita akan mudah lelah dan tidak bisa mendapatkan zat yang bisa mensulai energi.

Minuman Berenergi
Minuman berenergi ternyata mengandung banyak kafein. Saat kadar gula dalam tubuh sudah habis, tubuh kita jadi lemah dan tidak bertenaga. Itu mengapa minuman berenergi sering dikatakan membuat kecanduan.

Anggur merah
Minuman beralkohol jenis red wine sudah terbukti bisa bikin tubuh melemah dan mengantuk. Mungkin Anda sudah pernah melihat kadang orang mabuk suka mengantuk dan tak sadarkan diri. 

Hindarilah makan-makanan tersebut agar aktivitas anda tidak terganggu. Ingatlah Gizi yang seimbang dan tepat akan meningkatkan daya tahan tubuh anda. (KBTKI)


SUMBER :
http://kesehatan.liputan6.com/read/277089/undefined

Tidak ada komentar:

Posting Komentar